Tips Menghitung Kubikasi Beton utk Plat Lantai Gudang

tips-menghitung-kubikasi-beton-utk-plat-lantai-gudang

tips-menghitung-kubikasi-beton-utk-plat-lantai-gudang

Assalammuallaikum warohmatullohi wabarokatuh apa kabar teman teman semua? Semoga dalam keadaan sehat dan baik baik selalu ya..Ammiin. Gak terasa saat ini sudah memasuki bulan ramadhan aja ya..sebentar lagi insha Allah kita semua memasuki idul fitri. Pada halaman tips menghitung kubikasi beton utk plat lantai gudang ini sengaja kami angkat menjadi artikel disaat bulan ramadhan kali ini karena bertepatan dengan pertanyaan Pak Rudi seorang kontraktor pekerjaan pembuatan infrastruktur pabrik dan gudang yang mendapatkan proyek pekerjaan plat lantai gudang PT. CDE di daerah bogor setelah idul fitri nanti.

Awalnya melalui telepon Pak Rudi menanyakan kepada kami bagaimana menghitung volume beton untuk plat lantai gudang yang akan dikerjakannya nanti setelah lebaran. Beliau menginformasikan perihal kemauan pihak pabrik mengenai spesifikasi plat gudang untuk perusahaannya. Sang pemilik yang merupakan warga keturunan etnis tionghoa tersebut menginginkan plat lantai gudang berwarna merah dan permukaannya juga harus kuat menerima beban dan gaya gesekan dari lalu lintas alat berat berupa forklift besar maupun kecil. Karena nantinya gudang ini akan dipakai untuk distribusi spare part slow moving maupun fast moving kendaraan roda empat untuk wilayah Bogor kota dan kabupaten.

Menghitung Kubikasi Beton

Melalui telpon pak Rudi memberikan info bahwa plat lantai pabrik PT.CDE yang berlokasi di Bogor tersebut memiliki lebar 12 meter, panjang 40 meter dan memiliki tebal 30 cm. Dengan bentuk seperti empat persegi panjang, diketahui

  • Lebar : 12 mtr
  • Panjang : 40 mtr
  • Tebal : 30 cm

Maka perhitungan rumus kubikasi betonnya menjadi :

  • Vb = Pp x Lp x Tp

Volume beton = Panjang plat x Lebar plat x Tebal plat
Setelah kita ketahui rumus mencari volume kubikasi beton diatas, kita bisa menghitung kubikasi beton menjadi :

  • Kebutuhan beton untuk plat lantai gudang PT.CDE menjadi 40 meter x 12 meter x 0.3 meter = 144 meter kubik (m3).

Dari rumus perhitungan volume kubikasi beton plat lantai PT. CDE diatas didapatkan bahwa volumenya 144 meter kubik beton. Dengan volume sebanyak itu agar praktis, cepat dan terjamin kualitas betonnya maka diputuskan menggunakan beton ready mix produksi PT.SCG Jayamix yang merupakan perusahaan yang memproduksi beton segar siap pakai paling tua di Indonesia, karena perusahaan ini sudah beroperasi sejak tahun 1972. Agar cepat sampai dan praktis karena lokasi pabrik di Bogor maka pengiriman truk mixernya dilakukan dari batching plant Bogor.

Penawaran Harga Jayamix Bogor lebih murah dibandingkan pengiriman dilakukan dari sentul karena jarak yang lebih dekat.

Karena volume kebutuhan betonnya sudah didapatkan selanjutnya kami berinisiatif menghitung juga berapa truk mixer yang nantinya akan dating ke lokasi pengecoran. Perhitungan dilakukan dengan truk mixer kapasitas 7 m3.

  • Jumlah (TM) truk mixer yang akan datang ke lokasi pengecoran yaitu 144 : 7 = 20.5 dibulatkan menjadi 21 TM (truk mixer).

Jadi dari perhitungan diatas bisa kita simpulkan bahwa untuk ngecor plat lantai gudang PT.CDE dengan lebar 12 m, panjang 40 m dan tebal 30 cm dibutuhkan 144 m3 beton dan truk mixer yang akan dating ke lokasi cor yakni 21 TM kapasitas 7 kubikan.

Dari informasi per telepon oleh Pak Rudi jelas terdengar bahwa pemilik perusahaan tersebut menginginkan permukaan lantai beton nantinya harus berwarna merah dan kuat terhadap gesekan lalu lintas forklift, untuk itu kami menyarankan untuk menggunakan Jasa Floor Hardener yang bisa mengakomodir keinginan sang pemilik perusahaan tersebut. Karena dengan floor hardener keunggulan yang akan kita dapatkan adalah permukaan lantai menjadi lebih keras dan sekaligus bisa diberi warna sesuai keinginan dengan menaburkan bubuk berbahan semen base.

Semoga artikel kami mengenai tips menghitung kubikasi beton utk plat lantai gudang perusahaan PT.CDE ini berguna untuk Pak Rudi dan untuk teman teman semua.

 

You May Also Like

About the Author: didit