Berbagai Jenis Aspal dan Bitumen

berbagai-jenis-aspal-dan-bitumen

berbagai-jenis-aspal-dan-bitumen

Aspal Dan Bitumen

Aspal dan bitumens membentuk kelompok atau bahan yang saling terkait yang memiliki aplikasi luas dalam rekayasa konstruksi. Anda akan tahu berbagai jenis Aspal dan bitumen di sini. Istilah aspal digunakan agak berbeda di berbagai negara. Jadi di Amerika Serikat, Asphalt adalah produk yang padat atau semi-padat di mana elemen dasar yang mendominasi disebut bitumens.

Definisi ini mencakup batuan aspal alami dan produk sampingan dari komposisi serupa yang diperoleh selama penyulingan minyak mentah. Di Eropa dan tempat lain, bagaimanapun, istilah aspal umumnya terbatas pada batu alami yang mengandung bitumen dalam kelimpahan yang baik.

Itu tidak digunakan untuk campuran buatan atau produk. Namun, istilah bitumen secara universal dianggap sebagai campuran kompleks hidrokarbon.

Jenis Aspal

1. Aspal Asli

Aspal murni terjadi di alam dalam bentuk deposit padat atau semi-padat di bagian dunia tertentu.Yang paling dikenal adalah endapan Danau Asphalt dari Venezuela. Kadang-kadang batu aspal mungkin mengandung kotoran mineral lainnya.

2. Batu Aspal

Ini adalah jenis batu kapur yang diubah menjadi batu aspal. Ini telah terjadi di tempat-tempat di mana bitumen alami telah memasuki celah-celah batu gamping dan mengubahnya menjadi komposisi aspal. Batu aspal di tempat aslinya digunakan untuk pembuatan jalan.

3. Asphaltites

Secara komposisi ini benar-benar seperti aspal dan memiliki titik pelunakan yang rendah (200 ° F atau lebih). Beberapa asphaltite digunakan dalam baterai penyimpanan listrik, barang cetakan plastik, lantai damar wangi dan coating pipa.

Negara-negara penghasil aspal alam dan batuan aspal adalah: Trinidad, Albama, Prancis, Jerman, Italia, Amerika Serikat, Irak dan Suriah.

Penggunaan Aspal

Aspal digunakan, umumnya dalam kombinasi dengan bahan lain, di banyak bidang teknik. Beberapa contoh penggunaan aspal ada di bawah ini:

1. Di Bidang Kelistrikan

Aspal berstandar tinggi digunakan dalam industri listrik pada pencampuran dengan kayu tar, pitch, karet, dan resin. Wadah baterai adalah contoh terbaiknya.

2. Konstruksi Jalan.

Aspal bitumen banyak digunakan pada konstruksi jalan karena berbagai keunggulannya, seperti : ketahanannya terhadap cuaca, ketahanannya terhadap air, kapasitas pengikatan dan kemampuannya untuk menyediakan permukaan yang fleksibel. Klik >> Jasa Pengaspalan Murah jika berencana akan mengaspal jalan baru atau perbaikan jalan beraspal.

Untuk kualitas ini, aspal digunakan secara luas dalam pembangunan jalan raya baik di pondasi jalan maupun sebagai bahan permukaan.

Jenis Campuran Aspal yang digunakan di Jalan

Ada tiga jenis campuran aspal yang digunakan di jalan seperti:

  • Aspal gulung
  • Mastic Aspal
  • Compressed Rock Asphalt

Aspal gulung hanya digunakan untuk pelapisan permukaan saja. Sedangkan mastic aspal kaya akan bitumen. Banyak digunakan dengan cara dicampur dengan agregat lain sehingga menjadi tahan air dan bahan plastik sehingga mudah dibentuk sesuai keinginan saat dalam kondisi panas.

3. Cat Aspal

Aspal bitumen digunakan sebagai bahan penting dalam cat tertentu. Cat semacam itu sangat berguna untuk pelapisan dinding yang lembab dan struktur beton.

4. Beton Aspal

Beberapa aspal disempurnakan spesifikasinya sehingga memberikan sifat pengikatan yang sangat baik. Dikenal juga dengan sebutan aspal semen, dan ketika dicampur dengan agregat halus dan kasar, menjadi aspal beton.
Dalam bentuk inilah aspal umumnya digunakan di jalan raya dan permukaan runway bandara, di mana aspal juga bisa memberikan fleksibilitas dan kekuatan yang diinginkan pada saat yang bersamaan.

Terima kasih sudah membaca Berbagai Jenis Aspal dan Bitumen! Jangan lupa untuk membagikannya ya…?!!!

 

You May Also Like

About the Author: didit