Beberapa Kebiasaan Buruk Yang Bisa Menyebabkan Wajah Kusam

Setelah bangun tidur, pagi hari kulit mungkin tidak begitu kotor kecuali jika sebelum tidur tidak menghapus make up atau malas mencuci sarung bantal secara teratur. Padahal membersihkan kulit sangat penting.

Kulit yang bersih dan sehat merupakan kanvas yang sempurna untuk kosmetik. Bahkan tanpa menggunakan make up, Anda bisa memiliki kulit yang bersih, mulus dan bersinar.

Namun, kamu harus tahu apa saja kesalahan yang tidak kita sadari di pagi haru yang menyebabkan dampak buruk untuk kulit.

1. Tidak membersihkan kulit

Membasuh wajah dengan air saja tidak cukup. Debu dan minyak bisa menumpuk ketika kita tidur. Kebanyakan orang tidak menyadari di malam hari kita mengeluarkan keringat.

Karena itu jangan malas membersihkan wajah dengan sabun atau pembersih wajah sebelum memakai kosmetik. Wajah yang bersih juga dapat menghindari dari jerawat dan komedo.

2. Pakai produk pengelupasan kulit

Produk pengelupasan (exfoliating) kulit tidak hanya scrub wajah, tapi juga produk yang mengandung zat kimia pengelupas, misalnya AHA dan BHA.

Zat exfoliant itu juga terkadang ditemukan dalam toner atau serum. Coba periksa kandungan produk skin care kamu sebelum memakainya di pagi hari. Produk yang mengandung pengelupas kulit idealnya di pagi di malam hari karena dapat membuat kulit lebih sensitif pada sinar ultraviolet.

3. Pakai spons dan kuas yang kotor

Kebanyakan orang mengakui tak jarang mereka membersihkan alat make up nya secara rutin. Sebenarnya kita harus mencuci spons atau kuas make up setiap hari.

Bila kamu merasa malas, sebaiknya pakai kuas yang baru setiap hari dan kumpulkan yang sudah dipakai untuk dicuci di akhir pekan. Kuas make up yang kotor merupakan tempat favorit kuman dan bakteri penyebab jerawat.

4. Tidak pakai tabir surya

Seharusnya kamu sudah menyadari bahaya sinar ultraviolet bagi kecantikan kulit. Jadi, tak ada alasan untuk malas memakai tabir surya setiap hari.

5. Memencet jerawat

Sangat tidak baik jika kamu memencet jerawat atau komedo. Alasannya, ketika jerawat sudah dikeluarkan, pori-pori akan terbuka dan dengan begitu debu dan kotoran dengan mudah masuk.

You May Also Like

About the Author: kurniawan